Kamis, 09 Februari 2012

Apakah Aku benar-benar Sombong

Udah lama banget gak update di blog ini, meski niatnya cuma untuk curhat but it,s ok..Kemarin malam aku mendapat teguran keras dari seseorang, sebut saja Bunga (bukan nama sebenarnya,suara dan muka tidak disamarkan..) Dia merupakan sodara jauuuuuuh ku..well langsung aja (kalo langsung jaya ntar dikairain bis pa lagi lagsung jadi instant donk) ceritanya begini..
waktu itu karena suatu urusan yang tidak penting untuk dituliskan disini aku datang ke tempat Bunga..nah dia seperti biasa selalu sibuk dengan tetek bengek kerjaan dan tugas-tugas nya but i understand about it lah. Seperti biasa gak peduli si Bunga ngedengerin ocehan ku atau tidak aku tetep aja ngoceh..tepat tengah malam pas aku menyiapkan segenap jiwa dan raga untuk molor dan tentu saja tetep sambil ngoceh, aku tanya.
Aku:"kayaknya kamu BT??"
Bunga:"kamu tau kenapa aku BT?"
Aku:"gak tau??(padahal gak peduli juga aku dia BT apa gak..
Bunga:"menurut aku kamu tuh orang nya sombong!"
Aku:"dari mana kamu bisa menilai aku seperti itu?"
Bunga:"kamu bilang tadi kalo kamu orang paling bego...setelah itu kamu bilang kalo kamu orang paling bego tapi dikelas pinter, itu hanya untuk membuktikan kalo kamu tuh orang nya pinter kan??"
Aku:(bukan untuk mencari pembenaran,aku coba jelaskan) "aku cuma becanda,70% omongan ku tuh becanda.."
Bunga:"Kamu tadi bilang kalo di kantor kamu paling muda, itu menunjukkan kalo kamu tuh paling qulaified disana,"
aku dengerin aja meski kesel tapi aku coba untuk positif thinking, tentunya Bunga bilang begitu dengan tujuan agar aku menjadi lebih baik (she care with me)
Bunga:"Pas dulu kamu sms aku tanyain tukang pijet soalnya ada temen kamu yang patah tulang..itu membuktikan kalo kamu belum bisa menempatkan diri berbicara with the right man in the right place.."
Aku: (dalam hati) "mestinya kamu tau donk kalo waktu itu aku cuma becanda, secara segoblok-gobloknya aku juga tau kalo tukang pijet biasa gak akan bisa mijet orang patah tulang" kejadian lengkap tentang sms kira-kira begini
smsku:"Bunga bisa minta no nya tukang pijet gak??soalnya temenku ada yang patah tulang"
sms Bunga:"wah kalo tukang pijet biasa gak bisa kalo mijet orang yang patah tulang, ada juga ratu Singa (di hutan kalee tinggalnya) atau ratu apa waktu itu dia bilang soalnya udah lupa juga seh..
smsku:"aku juga tau kale (berharap dia faham kalo aku tau jika tukang pijet biasa gak bisa mijet patah tulang) ratu Singa gak seklian raja singa nya he2".
Dari sms itu keliatan gak kalo kondisinya lagi urgent?Aku becanda that is fact
kembali ke ceramahnya si Bunga tadi deh
Bunga:"(kasih analogi dengan cerita tentang panduan agama anak SD gitu lah)
yang intinya kita harus berhati-hati dalam setiap pembicaraan kita..harus tau posisi kapan,dimana dan dengan siapa kita bicara"
bagian yang itu aku setuju..dan sebelumnya aku juga dah bilang ama si Bunga kalo aku masih belajar..aku berusaha berubah karena aku akui kalo aku belum luwes jika berada dilingkungan baru apalagi harus berkomunikasi dengan orang yang lebih tua..
Bunga:"kamu masih ingat pendapat teman-teman ku tentang kamu?"
Aku:"yah"
Bunga:"mereka bilang kalo kamu sombong,gak ramah.. (pokoknya yang jelek-jeleklah tentang aku)
Aku:"tapi waktu itu kan aku baru kesana pertama kali??jadi don,t judge a people from the cover"
Bunga:"benar itu benar tapi jangan paksa orang untuk mengenal kamu page by page"
Aku:" (dalam hati) gak fair juga buat aku kalo orang yang baru pertama ketemu aku bahkan tanpa kenalan dan dia bilang kalo aku ini lah gitu lah..penilaian awal untuk dijadikan kesimpulan akhir..memang aku juga ga bisa memaksa agar setiap orang suka dengan aku tapi setidaknya jangan buru-buru mengambil kesimpulan padahal mereka belum kenal benar dengan aku..bahkan yang sudah kenal benar aja masih salah faham dengan gaya becanda ku (ex..yah si Bunga ndiri) ..yah hak mereka lah mau ngomong apa tentang aku..toh aku gak ada urusan juga koq ama mereka..tapi yang menilai kalo aku seperti itu dan yang mengatakan langsung ke aku kalo aku seperti itu adalah dia..si Bunga..orang yang sudah aku anggap seperti sodara dekat ku..yang aku kagumi( meski sedikit tapi akan banyak kalo dia gak seperti itu)
Bunga:"menurut aku lagi nih sebagai orang yang tinggal di Jakarta, kamu menggunakan bahasa Guwe/Loe..dan menggunakan gaya seperti itu agar kamu bisa diterima di Jakarta oleh temen-temen kamu (padahal teman-teman ku gak ada yang orang Jakarta asli loh) , kalo kamu seperti itu kamu gak akan pernah diterima oleh orang-orang Jakarta dan lelucon kamu itu akan diangap garing"
Aku:"aku gak ada niat sedikitpun untuk bersikap seperti itu..di kos dulu ada anak Cilacap dan aku ngobrol dengan dia menggunakan bahasa Jawa tapi karena teman-teman ku yang luar Jawa complain karena mereka gak ngerti kami ngomong apa maka aku menyesuaikan bahasa ku dengan bahasa mereka, begitu juga di pekerjaan ku juga seperti itu.."
Apakah aku salah??Aku ga ada niat sedikitpun untuk menjilat,memohon(sampe nyebokin temen..) atau apapun untuk bisa diterima di suatu lingkungan baru..karena buat aku itu mengalir seperti air (pipis)..gak bisa dipaksa dan ditahan..aku bersikap apa adanya gak dikurangin dan ditambahin (karena memang aku gak pinter matematik..) dan dengan si Bunga pun aku juga seperti itu..meskipun dia keturunan Jawa tapi dia lahir dan dibesarkan di Jakarta..otomatis kemampuan bahasa Jawanya pun setau aku kurang..makanya dari pada dua kali aku mesti bicara ama dia dengan bahasa Jawa dan di translate ke Indonesia makanya aku pake bahasa Indonesia sekalian..dan menyesuaikan gaya bicara nya Bunga yang pake Guwe dan Loe..tapi kalo aku kembali ke keluarga ku dan bicara dengan mereka aku juga bicara seperti biasa termasuk juga kalo aku pulang kampung, bahkan sama Mas-Mas penjual yang dari Jawa tapi merantau ke Jakarta aku selalu bicara menggunakan bahasa Jawa..
apakah itu juga salah??just info aja aku sangat gak nyaman tinggal di Jakarta but i don,t have choice..aku berusaha mencari pekerjaan diluar Jakarta entah Kalimantan entah luar negri sekalian karena aku gak suka Jakarta..tapi aku berusaha untuk tidak membenci orang-orang Jakarta cause it,s difference jadi buat apa aku memaksa merubah diriku hanya sekedar untuk diterima..itu bukan sifat ku..
sebelumnya ada teman kos lama ku yang bilang kalo cara aku senyum itu seperti mengejek..aku jelasin ke dia kalo aku gak ada maksud seperti itu i mean mengejek..aku memang seperti ini..dan dia mengerti karena aku memang gak seperti itu..
satu-satunya orang yang langsung bilang ke aku kalo aku sombong yah cuma si Bunga..karena aku sering tanya ke teman-teman ku yang lain apakah aku sombong? apa kira-kira kejelekan ku (for self improvement) ?dan aku bilang ke mereka untuk bicara apa adanya gak usah takut toh aku gak gigit juga..dan jawaban mereka "kamu gak sombong tapi songong dan stress.."nah loh..rata-rata mereka kasih opini seperti itu..
kondisi ini (dikatai sama Bunga) benar-benar menghempaskan aku dari langit ke-7 (mang iya kalo langit ada 7) mendarat jatuh ke comberan yang banyak tinja dan di injak-injak ama anjing buduk.. (tragiiiis) karena yang bilang seperti itu dia...hiks..hiks..dia yang selama ini aku kagumi karena sifat dan sikapnya dalam menjalani hidup..sekarang menilai aku tak lebih dari seekor anak anjing yang lahir autis,kena sipilis..dan diseluruh badan banyak kudis (mang sipilis bisa menjangkit betina??) andai saja yang bicara itu bukan dia..orang gila misalnya maka aku akan ngomong"gila lu" tapi yang bicara itu Bunga...masa aku ngomong "terkutuklah wahai kau setan"kan gak mungkin..
setelah aku berpikir panjang,lebar kali tinggi (rumus apa itu??) I have some conclusion about my mistake
yang pertama, mestinya aku tidak datang ke tempatnya sebelum memastikan kondisi nya relaxes.. (bagaimana aku tau kalo Bunga lagi relaxes atau lagi tegang??)
kesalahan yang kedua adalah kenapa aku banyak ngoceh-ngoceh di tempatnya padahal aku tau kalo Bunga sibuk..mungkin disitulah miss diantara kita soalnya kita bicara dalam kondisi yang gak relaxes sehingga menimbulkan pransangka yang bukan-bukan..
yang ketiga mungkin sebagai cewek Bunga lagi mengalami siklus bulanan sehingga sensitivitas nya meninggi (mungkin juga Bunga salah shampo..salah makan)
tapi dari ketiga kesimpulan itu aku juga belum yakin soalnya Bunga selalu bersikap seperti itu kalo aku datang jadi ada juga kemungkinan Bunga memang tidak suka ama aku...but why??what my mistake??sehingga Bunga sebenci itu sama aku?? (pertanyaan-pertanyaan itu selalu mengelijang di telingaku..ehm maksud ku in my mind)
sangat menyakitkan dinilai buruk oleh seseorang yang kita harapkan bisa jadi teman or sodara baik bagi kita..but it,s my real condition now..what can i do??
sempat aku berpikir apa mungkin Bunga bicara seperti itu karena aku bukan siapa-siapa..sosok yang gak penting dalam perjalanan hidupnya..tapi apakah itu salah??apakah aku salah jika aku mau berteman dengan orang yang menurutku pinter..karena pendidikannya memang sudah tinggi..yang bisa mengajari aku banyak hal..secara dia sudah banyak makan garam (ampe darah tinggi)
Mungkin kalo secara pendapatan aku lebih tajir, Bunga gak akan bersikap seperti itu sama aku..tapi sepicik itukah dia..yang menilai seseorang dari materi..??i hate this situation..membuat aku limbung dan aku merasa orang paling bodoh dan gak ada nilai positif nya sama sekali
sulit sekali merubah penilaian sesorang yang terlanjur menilai buruk kita..but i try..aku berusaha berubah itu karena aku masih penasaran apa yang membuat kita tidak bisa bicara secara normal selama ini..mungkin baiknya bukan kita merubah penilaian orang terhadap kita tapi merubah kita agar sesuai dengan penilaian orang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar